Mendesain Kamar Anak Yang Nyaman Dan Gak Jadul

Desain Kamar Anak

Desain Kamar Anak – Sebagian orang terkadang menganggap anak-anak masih belum perlu mempunyai kamar sendiri. Pemikiran itu salah besar, seorang anak diatas usia 3 tahun sangat perlu dibuatkan kamar sendiri karena mereka sudah mulai memahami hal-hal yang mereka pelajari setiap harinya. Usia 3 tahun merupakan usia dimana sang anak belajar dari lingkungannya kemudian ditirukan setiap tingkah laku yang dipelajari. Mereka bisa menirukan tindakan orang tuanya sendiri, kakak, atau setiap orang yang ditemui.

Hubungannya dengan anak untuk dibuatkan kamar sendiri ialah saat-saat ada kejadian kedua orang tua yang bertengkar kecil atau sedang bermesraan tidak disaksikan secara langsung oleh sang anak. Keuntungan pembuatan kamar anak juga agar orangtua memiliki ruang dan waktu berduaan tanpa terganggu oleh anak. Sangat rawan jika sang anak masih tidur sekamar dengan kedua orangtuanya di usia tiga tahun atau lebih. Selain anak bisa menyaksikan secara langsung hal-hal yang tidak boleh dikonsumsi oleh anak yakni anak rawan memiliki sifat manja, susah menjadi mandiri, hingga penakut.

Sang anak dibuatkan kamar sendiri juga bisa menjadi pendidikan dini secara tidak langsung dalam hal pembuatan mental. Mental yang dibentuk untuk anak berupa kemandirian, berani/tidak cengeng, memberikan waktu anak sendiri dan tidak bergantung dengan orang lain. Beberapa desain kamar anak bisa disesuaikan dengan kesukaan anak dari warna atau tokoh karakter serta kartun. Anak-anak identik dengan keceriaan dan masa pertumbuhan, sehingga kamar anak bisa bernuansa warna-warna cerah maupun bertema sesuai tokoh kesukaan.

Kamar anak juga bisa saja di desain unik, seperti kamarnya tidak hanya diberikan ruang tidur saja melainkan diberikan tambahan alat permainan. Jika sang anak sangat menyukai tokoh karakter contohnya ipin upin makan bisa didesaikan serba ipin upin dari wallpaper dinding, lemari baju hingga tempat tidurnya yang identik warna kuning dan biru. Sekarang banyak tempat tidur anak yang bukan hanya sekedar ranjang atau spring bed, tetapi tempat tidur itu berbentuk dari mobil-mobilan, tempat tidur menyatu dengan lemari, tempat tidur menyatu dengan meja belajar berbentuk tingkat.

Contoh Kamar Anak
Contoh Kamar Anak

Furnitur tambahan bisa diletakkan meja gantung, meja belajar, sofa/tempat duduk berbagai model dan rak buku. Saat membuatkan kamar anak, ikut sertakan anak dalam pemilihan warna, furnitur, tempat tidur, hingga tema kamar yang mereka inginkan. Keikutsertaan mereka juga sebagian pendidikan dini bagi sang anak dalam memutuskan suatu pilihan hingga meredakan egois karena mereka hanya bisa memilih salah satu bukan dua atau lebih.

Kamar anak juga tidak usah dibuat mewah-mewah, tetapi sederhana tapi membuat anak lebih betah dikamarnya. Hindari pemasangan tv di kamar anak karena pada saat mereka berada di dalam kamar orang tua tidak bisa mengawasi terus menerus. Setelah kamar sang anak sudah jadi dan bisa ditempati orang tua sangat berperan penting memberikan pelajaran bagi anak dalam mengorganisir ruangan kamarnya sendiri. Yang dimaksudkan mengorganisir ialah merapikan kamar setelah dipakai dari merapikan tempat tidur dengan melipat selimut, menata kembali bantal guling berserakan hingga merapikan alat-alat bermain atau alat-alat sesuai tempat.

Jangan biasakan anak terkait barang miliknya dikerjakan oleh orang lain, seperti pengorganisiran kamar setelah dipakai dan diberantaki olehnya sendiri namun dirapikan pembantu. Anak-anak usia dini sangat baik diajari mengenai kemandirian serta tanggung jawab, sebab kepemilikan pribadi sampai kapanpun akan diurus diri sendiri bukan orang lain.

1 thought on “Mendesain Kamar Anak Yang Nyaman Dan Gak Jadul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *