Trik Renovasi Rumah Dalam Lahan Sempit

tips renovasi rumah lahan sempit

Trik Renovasi Rumah Dalam Lahan Sempit – Ukuran lahan bangunan pada jaman sekarang cenderung sempit dan juga sangat kecil. Tentu saja dalam ukuran lahan yang super terbatas akan relatif menyulitkan bagi pemilik rumah untuk melakukan renovasi rumah sesuai dengan kebutuhannya. Jadi melakukan renovasi rumah sesuai kebutuhan dalam lahan yang cukup luas tentu tidak akan menjadi suatu masalah. Namun yang terjadi ketika anda memiliki sebuah lahan yang cukup terbatas namun anda ingin melakukan sedikit perubahan pada rumah anda tentu akan berfikir dua kali.

Sebagai pemilik rumah di jaman modern seperti sekarang ini memang kebanyakan konsep yang diusung adalah konsep hunian minimalis. Meskipun dengan kondisi lahan yang sempit biasanya developer akan membangunkan sebuah rumah minimalis dengan design yang cukup eksclusive. Penggunaan dan pemilihan design yang cukup manis biasanya dijadikan alternatif utama bagi developer untuk menarik minat pembeli. Konsep andalan semacam ini banyak diterapkan oleh developer perumahan yang ingin menjual rumah yang dibuatnya dengan harga yang cukup tinggi.

Tentunya hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa keuntungan yang akan diperoleh ketika rumah tersebut sudah terjual adalah keuntungan yang cukup banyak. Konsep bangunan mewah dengan lahan yang sempit biasanya akan dilakukan oleh seorang developer perumahan dengan target konsumen pelanggan menengah keatas yang mampu membeli sebuah rumah dengan harga yang cukup mahal sekalipun.

Tips Memilih Desain Interior

Nah masalahnya adalah ketika anda termasuk yang memiliki rumah cukup sempit namun ingin melakukan renovasi rumah untuk membuatnya tampak luas anda bisa memilih beberapa trik yang paling ampuh. Apabila anda ingin memberikan kesan rumah anda lebih luas padahal lahan bangunan yang anda miliki sangat sempit yang bisa anda lakukan adalah dengan meninggikan letak atap. Apabila anda kini akan membangun sebuah rumah maupun melakukan renovasi rumah dalam lahan sempit, maka anda bisa membuat rumah dengan kondisi atap yang relatif tinggi.

Atap yang tinggi ini memiliki fungsi yang cukup besar. Selain akan membuat rumah anda terlihat lebih besar dan luas, penempatan atap yang cukup tinggi, akan membuat sirkulasi udara menjadi lebih lancar. Proses pendinginan udara dalam rumah dengan kondisi atap rumah yang cukup tinggi tentu akan jauh lebih mudah. Sirkulasi udara dan juga proses pendinginan yang anda dapatkan dengan kondisi atap yang tinggi juga lebih mudah. Ada beberapa rumah yang memiliki atap tinggi supaya menghemat pemakaian pendingin udara.

Hal ini juga akan membuat rumah menjadi relatif ramah lingkungan. Selain itu anda bisa tempatkan beberapa kaca yang ukurannya cukup besar di rumah anda. Misalnya anda bisa pasang kaca yang ukurannya besar tersbut diantara dapur dan halaman belakang. Tujuannya adalah selain untuk meminimalisir penggunaan lampu, penggunaaan kaca pada halaman belakang ini akan memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

Konsep rumah ramah lingkungan bisa anda terapkan untuk melakukan renovasi rumah dalam lahan sempit. Membuat rumah yang ramah lingkungan dengan meminimalisir kebutuhan pencahayaan dan juga kebutuhan pendingin udara karena rumah sudah cukup tinggi tentu akan lebih sesuai untuk diterapkan pada lahan yang sempit. Misalkan anda ingin menyisakan sedikit ruang terbuka hijau di belakang rumah atau di samping rumah bisa dimanfaatkan untuk memberikan kesan lebih luas pada rumah dengan pemberian kaca sebagai sekatnya.

Pemanfaatan pintu kaca untuk beberapa ruang di dalam rumah juga bisa anda lakukan. Misalnya jika anda ingin memberikan pintu kaca pada ruangan antara dapur dengan ruang makan tentu saja akan menyamarkan ukuran rumah anda menjadi lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *